PSBB dirumah akibat pandemi Covid-19 membuat kita dan keluarga tentunya lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Kali ini kami merekomendasikan resep otak-otak goreng harga ekonomis tanpa ikan ya. Dijamin semua anggota keluarga anda pasti suka!

Bahan :
600 ml santan
5 siung bawang putih iris tipis
3 sdm ebi atau rebon ( boleh di skip)
2 sdm minyak goreng
3/4 sdm garam atau sesuai kebutuhan
1 sdt gula
1 sdt bubuk kaldu atau sesuai selera
300 g terigu
50 g tepung beras
400 g kanji / sagu
2 butir telur
3 batang daun bawang diiris halus

Cara :

  • Tumis bawang putih dan ebi sampai harum. Haluskan ( saya diblender dg sebagian santan)
  • Campur dan aduk rata terigu dan tepung beras. Masukan irisan daun bawang , aduk rata. Sisihkan.
  • Masak santan, bawang putih, ebi, gula, garam, penyedap rasa dan minyak sampai mendidih. Matikan api. Masukan segera campuran terigu dan tepung beras, aduk cepat sampai rata dan tidak bergerindil. Biarkan sesaat sampai tidak terlalu panas. Masukan telur, aduk rata.
  • Masukan tepung kanji, aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata, setelah adonan tidak terlalu panas bisa diulen ringan pakai tangan supaya benar2 tercampur rata.
  • Lumuri tangan dengan sedikit minyak , ambil adonan secukupnya, bentuk lonjong . Lakukan sampai adonan habis
  • Rebus air sampai mendidih, tuang sedikit minyak sayur lalu masukkan adonan yang telah dibentuk , rebus sampai mengapung, biarkan mengapung beberapa saat lalu angkat dan tiriskan. Beri 2 sdm minyak, afuk sampai otak2nya terlumuri minyak supaya tidak saling lengket.
  • Goreng dlm minyak yg sudah dipanaskan sampai kekuningan. Enak dinikmati hangat2 dengan cocolan saus atau sambel kacang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *