Islamktp- Utang Indonesia selama ini digunakan untuk pembiayaan sektor- sektor produksi seperti pembangunan. Utang Indonesia juga sering menjadi topik hangat jelang pemilu yang tak jarang menimbulkan konflik.

Pasalnya, ada yang bilang utang membebani negara, ada juga yang bilang utang untuk pembangunan. Perdebatan itulah yang bisa merembet ke tali pertemanan, saling unfriend di media sosial Facebook, block Twitter atau WA.Wah, jangan sampai deh!

Dikutip dari CNBC Indonesia, total utang Indonesia per November 2018 mencapai Rp 4.395,9 triliun.

Utang tersebut berbentuk pinjaman dan Surat Berharga Negara. Rinciannya, pinjaman dalam dan luar negeri kalau digabung mencapai Rp 784,3 triliun. Sementara utang dari penerbitan Surat Berharga Negara sebesar Rp 3.611,5 triliun.

Kalau dipikir-pikir, besar banget ya? Utang Indonesia bisa lunas dengan segera, asalkan orang-orang terkaya ini mau merelakan hartanya untuk Indonesia.

Jeff Bezos

Hasil gambar untuk Jeff Bezos

Bos Amazon ini merupakan orang terkaya nomor satu di dunia saat ini. Dengan jumlah kekayaan mencapai US$ 137 miliar atau lebih dari Rp 2.400 triliun. Kalau dihitung, jumlahnya kekayaannya sudah lebih dari setengah utang Indonesia.

Sekadar diketahui, Jeff juga memiliki perusahaan penerbangan antariksa Blue Origin, sebuah perusahaan yang tengah mengembangkan pesawat wisata yang mampu membawa manusia ke luar angkasa. .

Pundi-pundi uang Jeff juga bersumber dari The Washington Post, di mana dia membeli perusahaan kantor media ini senilai US$ 250 juta pada tahun 2013 lalu.

Bill Gates

Hasil gambar untuk Bill Gates

Kalau yang ini siapa yang tidak kenal dengan pendiri Microsoft? Kekayaannya masih di bawah Jeff Bezos, yaitu senilai US$ 90 miliar atau lebih dari Rp 1.200 triliun.

Saking baiknya, Bill Gates pernah ngelunasin utang Nigeria ke Jepang dengan total utang mencapai Rp 950 miliar.

Nah, kali aja Bill Gates mau membantu ngelunasi utang Indonesia dengan harta kekayaannya itu.

Mark Zuckerberg

Hasil gambar untuk Mark Zuckerberg

CEO dan pendiri Facebook ini baru saja kehilangan hartanya sebesar US$ 16 miliar atau setara Rp 232 triliun. Hal ini terjadi akibat skandal pencurian data yang menerpa pengguna Facebook sepanjang 2018 lalu.

Zuckerberg mendirikan Facebook sekitar tahun 2004 ketika umurnya masih berusia 19 tahun. Saat itu, dia tengah berkuliah di Harvard dan aplikasi Facebook diperuntukan untuk para mahasiswa.

Sayangnya, Zuckerberg tak sampai lulus dan di drop out dari universitas ternama itu. Dia kemudian memutuskan untuk mengembangkan Facebook hingga menjadi media sosial terbesar saat ini.

Kini, kekayaan Zuckerberg mencapai US$ 57 miliar yang jika dikonversikan ke rupiah mencapai Rp 827 triliun. Padahal, di pertengahan 2018, kekayaannya pernah menyentuh US$ 82 miliar atau setara dengan lebih dari Rp 1.189 triliun.

Indonesia masih bisa dapat Rp 32 triliun

Harta ketiga orang terkaya di atas kalau digabungkan cukup untuk melunaskan utang Indonesia. Coba kita hitung, ya:

Harta Jeff Rp 2.400 triliun, kekayaan Bill Gates mencapai Rp 1.200 triliun, dan Mark Zuckerberg Rp 827 triliun. Jika ditotalkan jumlahnya mencapai Rp 4.427 triliun, sedangkan utang Indonesia Rp 4.395,9 triliun.

Jika harta ketiganya dikurangi dengan utang Indonesia, kita masih dapat uang segar sekitar Rp 32 triliun.

Tapi, eits, jangan geer dulu! Itu tadi cuma hitung-hitungan aja, dan hanya khayalan kalau mereka semua sangat dermawan terhadap bangsa Indonesia.

Kalau benar terjadi, Indonesia pastinya untung dan sangat berterima kasih. Tapi, kasihan mereka jadi bangkrut total dong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *