Islamktp- Komandan Kogasma Pemenangan Pemilu Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan rekomendasi partainya kepada Presiden RI mendatang yang diharapkan terus melakukan perubahan untuk kemajuan Indonesia. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo- Maruf Amin menyebut AHY ingin program SBY dilanjutkan Jokowi.

“Ya saya kira Mas AHY menjadi corong atau paling tidak ingin beberapa program Pak SBY dilanjutkan oleh Pak Jokowi,” ujar wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Karding mengatakan dalam pidato yang disampaikan AHY menunjukkan pesan bahwa Jokowi telah melanjutkan program yang ada. Hal ini menurutnya tidak merubah kebijakan secara drastis.

“Sekaligus juga pesan bahwa ada beberapa program yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi, dilanjutkan dan disempurnakan oleh Pak Jokowi. Pesan subtansinya adalah kontinuitas program. Jadi tidak berubah pemerintahan lalu berubah juga kebijakan secara drastis,” ujar Karding.

Menurut Karding, Jokowi telah banyak memodifikasi kebijakan-kebijakan terdahulu, diantaranya Kartu Indonesia Pintar hingga bantuan pangan non tunai. Karding mengatakan hal ini menunjukkan Jokowi tidak hanya melanjutkan program, namun juga menyempurnakan program yang ada.

“Pak Jokowi telah menginovasi melakukan diversifikasi terhadap banyak kebijakan-kebijakan terdahulu dan kita lihat dari misalnya KIP, KIS dan bantuan pangan non-tunai itu bagian dari upaya Pak Jokowi semakin memperbaiki sistemnya. Sekaligus mengefektifkan seluruh bantuan-bantuan dan istilah jejaring pengaman sosialnya dan menurut saya ini sesuatu yang baik, sesuatu yang menarik,” kata Kiarding.

“Jadi prinsipnya bahwa Pak Jokowi melanjutkan yang baik dan menyempurnakan yang belum dan mengkreasi hal-hal yang baru. Yang kedua ini sikap yang baik dari Pak Jokowi,” sambungnya.

Sebelumnya, AHY menyampaikan pidato politiknya soal rekomendasi partainya kepada Presiden RI mendatang. Rekomendasi ini, presiden mendatang diharapkan melakukan perubahan untuk kemajuan Indonesia.

“Presiden hasil Pemilu tahun 2019, presiden yang diharapkan bisa terus melakukan perubahan dan kemajuan yang nyata bagi kehidupan rakyat. Partai Demokrat berpendapat bahwa hakikat pembangunan adalah kesinambungan dan perubahan. Continuity and change. Yang sudah baik lanjutkan, yang belum baik perbaiki,” kata AHY di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

AHY menuturkan rekomendasi ini diberikan kepada presiden mendatang karena Demokrat tidak memiliki kader utama yang dicalonkan untuk menjadi capres maupun cawapres RI periode 2019-2024. Maka dari itu, kontribusi PD untuk RI adalah menyampaikan rekomendasi program era Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pro-rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *